Profil BP PMB Universitas Lampung

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila selama ini dikelola oleh Panitia ad-hoc berdasarkan Surat Keputusan Rektor. Namun, sejak tanggal 30 maret 2017 Unila telah memiliki Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BP PMB) yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 472/UN.26/KL/2017. Tugas utama BPPMB ialah menyusun perencanaan dan melaksanaan proses seleksi untuk menghasilkan calon mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) yang unggul dan berkualitas.

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di Unila terdiri dari jalur Nasional yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dikoordinasi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sedangkan jalur kedua yakni jalur Mandiri yang terdiri dari beberapa jalur yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-BARAT), Jalur Paralel, Jalur Prestasi Khusus, Jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) serta Jalur Kelas Internasional. Untuk jenjang diploma Unila membuka jalur penerimaan Vokasi. Jalur Prestasi Khusus dibuka untuk mendapatkan bibit unggul daerah yang punya prestasi di bidang akademik, olahraga, seni dan keagamaan. Sementara Jalur PMPAP adalah jalur yang dibuka Unila dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu untuk melanjutkan studinya ke jenjang sarjana.

BP PMB dipimpin oleh seorang Ketua yang dibantu oleh Wakil Ketua dan Sekretaris serta staf administrasi. Dalam melaksanakan tugasnya BP PMB bersama pelaksana akademik di tingkat fakultas/program studi menyusun rencana dan target penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya, melaksanakan program promosi dan sosialisasi kepada stakeholder meliputi MKKS SMA dan SMK, MKKM MA, Kepala Sekolah dan Operator PDSS, Orang tua/wali siswa dan siswa kelas XII. Bentuk sosialisasi dilaksanakan baik melalui banner/spanduk, media cetak, media elektronik, sosial media dan pertemuan langsung. BP PMB melaksanakan serangkaian proses seleksi yang berasaskan pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel. Dengan demikian diharapkan calon mahasiswa yang diterima pada tiap program studi di Unila adalah calon mahasiswa yang unggul dan berkualitas.

Email
Phone
Phone
Email