SIMANILA
UNIVERSITAS LAMPUNG 2024

Mandiri Ujian Tulis-Kelas Internasional-Kerjasama & PSDKU-Studi Lanjut-Afirmasi (PMPAP, Prestasi Khusus dan Afirmasi Unila)

Edit Content

Press Release Jalur Ujian Tulis Mandiri Unila 2024

PMB Universitas Lampung berupaya meningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, sesuai dengan prinsip-prinsipnya yang  telah dituangkan dalam regulasi. Harapannya dengan Peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru – PMB UNILA – PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan dan Informatif) kami mengharapkan agar Unila dapat menghasilkan SDM unggul dari para calon mahasiwa untuk terciptanya Indonesia Emas dan mengembalikan marwah Universitas Lampung sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Seleksi Mandiri Universitas Lampung (Simanila Unila) pada tahun 2024 terdiri dari beberapa Jalur Masuk, antara lain :

        1. Mandiri Ujian Tulis
        2. Kelas Internasional
        3. Kerjasama dan PSDKU
        4. Afirmasi
          1. PMPAP/3T
          2. Prestasi Khusus
          3. Anak Dosen/Tendik
        5. Studi Lanjut

Mandiri Ujian Tulis Merupakan salah satu program Seleksi Mandiri Universitas Lampung (SIMANILA) tahun 2024. Mandiri Ujian Tulis merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan oleh Universitas Lampung. Penyelenggaraan seleksinya berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan oleh Universitas Lampung.

Program Kelas Internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila dalam rangka memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan pada program sarjana yang berdaya saing secara internasional.

Jalur Kerjasama dan PSDKU (Program Studi Di Luar Kampus Utama) merupakan Jalur Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan S1 Program Studi Bahasa Lampung, sehingga Budaya dan Kearifan Lokal Provinsi Lampung tidak hilang akibat perubahan global. Sedangkan PSDKU merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Lampung Tengah, dalam rangka memperluas akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas bagi Masyarakat di wilayah Kabupaten.

Jalur Afirmasi PMPAP / 3T Merupakan Program perluasan aksesibilitas bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu/miskin tapi berkemampuan secara akademik yang berasal dari sekolah SMA/MA/SMK sederajat di Provinsi Lampung dan berdomisili di Provinsi Lampung.

Jalur Afirmasi Prestasi Khusus merupakan Jalur penerimaan mahasiswa baru yang memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sederajat atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, seni dan sastra dan keagamaan.

Jalur Afirmasi Anak Dosen/Tendik
Program afirmasi bagi anak kandung dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Lampung yang memenuhi persyaratan.

Studi Lanjut merupakan Jalur Penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan Studi di Universitas Lampung, khususnya bagi lulusan vokasi (D3) untuk melanjutkan studi ke jenjang Sarjana Strata 1 (S1) di Universitas Lampung.

Pada Tahun 2024, Universitas Lampung akan menerima Mahasiswa Baru untuk SIMANILA UNILA 2024 sebanyak 1858 Mahasiswa atau sebesar 18,93 % dari total kuota mahasiswa baru Unila 2024, yang tersebar di 79 Program Studi Diploma dan Sarjana pada 8 Fakultas.

Biaya Pendaftaran untuk semua jalur masuk SIMANILA UNILA 2024 adalah sebesar Rp. 350.000,- terkecuali untuk Jalur Afirmasi PMPAP dibebaskan dari biaya Pendaftaran. Bagi pendaftara studi lanjut D3 ke S1 dikenakan biayan Rp. 200.000,-.

Peserta yang dinyatakan lulus melalui semua jalur masuk SIMANILA UNILA 2024 wajib membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT), terkecuali untuk Jalur Afirmasi PMPAP dibebaskan dari Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Besaran uang Iuaran Pengembangan Institusi (IPI) dapat dilihat pada laman website simanila. Besaran IPI terbagi menjadi tiga kategori yang akan muncul pada aplikasi pendaftaran dan tercetak pada kartu peserta dan tidak menjadi faktor penentu kelulusan sesuai dengan ketetapan IPI Unila yang ditetapkan dengan SK Rektor.

Semua persyaratan pendaftaran dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru SIMANILA UNILA 2024 secara lengkap dapat disimak di laman https://simanila.unila.ac.id. Selain itu sesuai ketentuan Permendikbud Nomor 62 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma Dan Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri, disebutkan:

  1. Pasal 10 ayat 3: Calon Mahasiswa yang diterima pada seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) tidak dapat mendaftar pada seleksi nasional berdasarkan tes dan seleksi secara mandiri oleh PTN.
  2. Pasal 11 ayat 4: Calon Mahasiswa yang telah diterima pada seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) dan telah mendaftar ulang, tidak dapat diterima pada seleksi secara mandiri oleh PTN.

Untuk menjamin tata kelola SIMANILA yang PROAKTIF, Universitas Lampung menyediakan kanal pengaduan untuk menyampaikan aduan/keluhan/pertanyaan dan komentar dari masyarakat dan peserta. Unila juga menyediakan kanal whistle blowing yang dikelola oleh Satuan Pengendalian Internal (SPI) Unila dan di publikasikan di website SIMANILA.

Edit Content

Jalur Mandiri Ujian Tulis

Tahun 2024

PMB Universitas Lampung berupaya meningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, sesuai dengan prinsip-prinsipnya yang  telah dituangkan dalam regulasi. Harapannya dengan Peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru - PMB UNILA - PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan dan Informatif) kami mengharapkan agar Unila dapat menghasilkan SDM unggul dari para calon mahasiwa untuk terciptanya Indonesia Emas dan mengembalikan marwah Universitas Lampung sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Merupakan salah satu program Seleksi Mandiri Universitas Lampung (SIMANILA) tahun 2024. Jalur Mandiri Ujian Tulis merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan oleh Universitas Lampung. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan oleh Universitas Lampung. Jalur Mandiri Ujian Tulis tahun 2024 dimaksudkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada lulusan sekolah menengah (SMA, SMK, MA sederajat) untuk mengikuti pendidikan di Universitas Lampung tahun 2024. Secara umum, jalur ini bertujuan untuk memilih/menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki potensi dan kemampuan akademik yang baik untuk mengikuti studi di Unila tahun 2024

Peserta Seleksi Jalur Mandiri Ujian Tulis tahun 2024 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia keturunan asing yang dikukuhkan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/ Sederajat tahun 2022, 2023 dan 2024 atau Lulusan Paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dengan umur maksimal  25 tahun (per 1 Juli 2024)
  3. Memiliki Ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023, dan bagi lulusan tahun 2024 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap.
  • Setiap siswa diijinkan memilih Prodi di Universitas Lampung maksimal 4 (Empat) program studi baik Sarjana atau diploma
  • Peserta wajib memilih maksimal 2 (dua) program studi Sarjana (S1) dan Maksimal 2 (dua) program studi Vokasi (D3 dan atau D4).
  • Urutan pilihan program studi menunjukkan prioritas.

NO.

KEGIATAN

WAKTU

1.

Sosialisasi

1 Mei - 20 Juni 2024

2.

Pendaftaran

10 Juni  – 28 Juni 2024

3.

Pelaksanaan UTBK

8 - 10  Juli 2024

4.

Pengumuman

16 Juli 2024

5.

Masa Unduh Sertifikat Nilai UTBK

16 - 20 Juli 2024

6.

Masa Sanggah

16 – 20 Juli 2024

7.

Penentuan UKT dan Proses Registrasi

16 Juli – 12 Agustus 2024

  1. Biaya pendaftaran seleksi sebesar Rp 350.000,-
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  3. Biaya seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  4. Biaya sepenuhnya menjadi keuangan negara yang masuk pada DIPA BLU Unila Tahun 2024.
  1. Peserta yang dinyatakan lulus Jalur Mandiri Ujian Tulis dan Kelas Internasional FEB di Unila, membayar Iuaran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT).
  2. Besaran uang Iuaran Pengembangan Institusi (IPI) dapat dilihat pada laman website simanila.
  3. Range besaran IPI akan muncul pada aplikasi pendaftaran dan tercetak pada kartu peserta. Penetapan nominal IPI yang dikenakan pada siswa diumumkan bersama dengan penetapan UKT. Nominal IPI dan UKT tidak menjadi faktor penentu kelulusan sesuai dengan ketetapan IPI Unila yang ditetapkan dengan SK Rektor.

1. Registrasi Akun peserta
Bagi peserta langkah pertama adalah mendaftarkan diri untuk memperoleh akun peserta. Peserta akan diminta untuk mengisi sejumlah data dasar khususnya email dan NISN.

2. Melengkapi Biodata
Peserta akan memperoleh akun sesuai email dan password yang didaftarkan. Peserta dapat login ke aplikasi dengan infirmasi akun yang dimiliki

3. Memilih Jenis Pendaftaran
Peserta diarahkan memilih Jenis Pendaftaran Mandiri Ujian Tulis, Kelas Internasioanl FEB, Kerjasama, PMPAP, Prestasi Khusus, Studi Lanjut.

4. Melakukan Pembayaran
Peserta diminta melakukan pembayaran, khusus jalur PMPAP proses ini diabaikan. Peserta akan mendapatkan PIN dan KAP pada Slip Pembayaran.

5. Menyelesaikan Pendaftaran
Peserta diminta untuk melengkapi dan melakukan finalisasi pendaftaran dengan memilih  Program Studi tujuan sesuai kriteria pada pilihan prodi.

6. Submit dan Cetak Kartu
Setelah peserta melakukan finalisasi dengan menekan tombol submit, peserta bisa mencetak kartu peserta. Proses pendaftaran dinyatakan berhasil dan sukses jika peserta berhasil mencetak kartu peserta.

7. Link Pendaftaran
https://mandiri.unila.ac.id

  1. Peserta diangap tidak eligible (terdiskualifikasi) jika :
    • tidak mengikuti Ujian Tulis (UTBK).
    • terdaftar sebagai peserta yang lulus selekasi nasional dan sudah melakukan registrasi
  2. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan skor akhir peserta dalam urutan yang menurun, mulai dari peserta dengan skor tertinggi sampai dengan peserta dengan skor terendah.
  3. Alokasi peserta pada program studi pilihannya dilakukan dengan menggunakan ketentuan sebagai berikut:
    • Proses alokasi dilakukan mulai dari peserta dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh peserta pada peringkat berikutnya dan seterusnya.
    • Urutan alokasi dilakukan sesuai dengan urutan program studi yang dipilih dan daya tampung program studi tersebut. Setiap peserta akan dialokasikan pada program studi pilihan pertama. Jika gagal, peserta tersebut akan dialokasikan pada program studi pilihan kedua dan seterusnya (jika peserta mempunyai pilihan lainnya).
    • Pada saat peserta yang akan dialokasikan mempunyai skor yang sama dengan peserta yang mempunyai skor terendah untuk sebuah program studi, namun daya tampung sudah penuh, peserta dengan skor Tes Potensi Skolastik (TPS) yang lebih tinggi akan diprioritaskan. Jika skor masih sama maka secara berurutan Literasi Matematika, Literasi Inggris, Literasi Bahasa Indonesia digunakan sebagai pembanding.
Edit Content

Kelas Internasional FEB

Program Kelas Internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila dalam rangka memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan pada program sarjana yang berdaya saing secara internasional. Program studi yang membuka pendaftaran pada Kelas Internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah Program studi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia keturunan asing yang dikukuhkan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/ Sederajat tahun 2022, 2023 dan 2024 atau  Lulusan Paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dengan umur maksimal  25 tahun (per 1 Juli 2024)
  3. Memiliki Ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023, dan bagi lulusan tahun 2024 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap.
  4. Sanggup membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tertinggi;
  5. Sanggup membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI);
  6. Memiliki prestasi akademik dan non akademik
  7. Memiliki nilai rapor semester 1-5 rata-rata minimal 8,0 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA/IPS dan rata-rata 7,5 untuk mata pelajaran Matematika.
  8. Memiliki sertifikat TOEFL ITP/IBT dengan skor minimal 450
  9. Berkelakuan baik, tidak pernah melanggar tata tertib sekolah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah
  10. Bagi calon mahasiswa yang telah diterima menjadi mahasiswa Kelas Internasional, wajib dan bersedia mengikuti kegiatan Short Course/ Students Exchange ke luar negeri pada universitas mitra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, dengan membuat pernyataan tertulis yang disetujui oleh orang tua (dalam formulir pernyataan yang tersedia)
  1. Setiap siswa dari jurusan IPA,  IPS atau Bahasa hanya diijinkan  memilih Prodi yang ada di Unila yang dibuka untuk program Kelas Internasional maksimal 1 (satu) program studi.
  2. Program studi yang membuka pendaftaran pada Kelas Internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah Program studi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi

Bagi peserta yang mengikuti seleksi Kelas Internasional FEB diwajibkan untuk membawa berkas sebagai berikut:

  1. Kartu Peserta Jalur Kelas Internasional FEB dari aplikasi pendaftaran
  2. Asli dan Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kedua Orang tua /Wali.
  3. Asli dan fotokopi ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023 yang telah dilegalisir atau minimal Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap bagi lulusan 2024.
  4. Asli dan Foto copy Piagam/Sertifikat/Surat Keputusan prestasi.
  5. Surat komitmen sebagai peserta jalur kelas internasional. Download format
  6. Asli dan fotokopi sertifikat TOEFL ITP/IBT dengan skor minimal 450 atau setara;
  7. Asli dan Foto kopi kartu yang dikeluarkan oleh Pemerintah (Pusat/Daerah) yang menunjukkan yang bersangkutan berasal dari keluarga tidak mampu, misal: Jamkesmas, KIP, PKH. (jika ada).
  8. Asli dan fotokopi sertifikat prestasi (jika ada)
  9. Seluruh dokumen di atas dimasukkan kedalam MAP Hijau ditempel Lembar Verifikasi Berkas sesuai format

NO.

KEGIATAN

WAKTU

1.

Sosialisasi

1 Mei - 2 Juni 2024

2.

Pendaftaran

10 – 28 Juni 2024

3.

Pelaksanaan UTBK, Verifikasi Berkas & Wawancara

8 - 10  Juli 2024

4.

Survey Lapangan (Random Sampling)

12 – 15 Juli 2024

5.

Pengumuman

16 Juli 2024*

6.

Masa Unduh Sertifikat UTBK

16 - 20 Juli 2024

7.

Masa Sanggah

16 – 20 Juli 2024

8.

Penentuan UKT dan Proses Registrasi

16 Juli – 12 Agustus 2024

  1. Biaya pendaftaran seleksi sebesar Rp 350.000,-
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  3. Biaya seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  4. Biaya sepenuhnya menjadi keuangan negara yang masuk pada DIPA BLU Unila Tahun 2024.
  1. Peserta yang dinyatakan lulus Jalur Mandiri Ujian Tulis dan  Kelas Internasional FEB di Unila, membayar Iuaran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT).
  2. Besaran uang Iuaran Pengembangan Institusi (IPI) dapat dilihat pada laman website simanila.
  3. Besaran IPI merupakan angka tunggal yang akan muncul pada aplikasi pendaftaran dan tercetak pada kartu peserta dan tidak menjadi faktor penentu kelulusan sesuai dengan ketetapan IPI Unila yang ditetapkan dengan SK Rektor.

1. Registrasi Akun peserta
Bagi peserta langkah pertama adalah mendaftarkan diri untuk memperoleh akun peserta. Peserta akan diminta untuk mengisi sejumlah data dasar khususnya email dan NISN.

2. Melengkapi Biodata
Peserta akan memperoleh akun sesuai email dan password yang didaftarkan. Peserta dapat login ke aplikasi dengan infirmasi akun yang dimiliki.

3. Memilih Jenis Pendaftaran
Peserta diarahkan memilih Jenis Pendaftaran Mandiri Ujian Tulis, Kelas Internasioanl FEB, Kerjasama, PMPAP, Prestasi Khusus, Studi Lanjut.

4. Melakukan Pembayaran
Peserta diminta melakukan pembayaran, khusus jalur PMPAP proses ini diabaikan. Peserta akan mendapatkan PIN dan KAP pada Slip Pembayaran.

5. Menyelesaikan Pendaftaran
Peserta diminta untuk melengkapi dan melakukan finalisasi pendaftaran dengan memilih Program Studi tujuan sesuai kriteria pada pilihan prodi.

6. Submit dan Cetak Kartu
Setelah peserta melakukan finalisasi dengan menekan tombol submit, peserta bisa mencetak kartu peserta. Proses pendaftaran dinyatakan berhasil dan sukses jika peserta berhasil mencetak kartu peserta.

7. Link Pendaftaran
https://mandiri.unila.ac.id

  1. Peserta diangap tidak eligible (terdiskualifikasi) jika :
    • tidak mengikuti Ujian Tulis (UTBK) dan wawancara.
    • terdaftar sebagai peserta yang lulus selekasi nasional dan sudah melakukan registrasi
  2. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan skor akhir peserta dalam urutan yang menurun, mulai dari peserta dengan skor tertinggi sampai dengan peserta dengan skor terendah.
  3. Alokasi peserta pada program studi pilihannya dilakukan dengan menggunakan ketentuan sebagai berikut:
    • Proses alokasi dilakukan mulai dari peserta dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh peserta pada peringkat berikutnya dan seterusnya.
    • Urutan alokasi dilakukan sesuai dengan urutan program studi yang dipilih dan daya tampung program studi tersebut. Setiap peserta akan dialokasikan pada program studi pilihan pertama. Jika gagal, peserta tersebut akan dialokasikan pada program studi pilihan kedua dan seterusnya (jika peserta mempunyai pilihan lainnya).
    • Pada saat peserta yang akan dialokasikan mempunyai skor yang sama dengan peserta yang mempunyai skor terendah untuk sebuah program studi, namun daya tampung sudah penuh, peserta dengan skor Tes Potensi Skolastik (TPS) yang lebih tinggi akan diprioritaskan. Jika skor masih sama maka secara berurutan Literasi Matematika, Literasi Inggris, Literasi Bahasa Indonesia digunakan sebagai pembanding.

Nilai akhir peserta dengan pilihan program studi yang mengikuti program Kelas Internasional dihitung dengan menggunakan tahapan sebagai berikut:

  1. Menghitung skor UTBK peserta untuk memperoleh nilai akhir UTBK peserta.
  2. Menghitung skor verifikasi berkas dan wawancara peserta untuk memperoleh nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara peserta.
  3. Menghitung nilai akhir peserta menggunakan pembobotan sebagai berikut: NA = 50% * nilai UTBK + 50% * nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara
Edit Content

Kerjasama & PSDKU

Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Lampung Jalur Kerja Sama Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Lampung

Diberikan beasiswa 8 semester

Persyaratan Calon Mahasiswa Baru Jalur Kerja Sama Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Lampung :

  1. Lulusan SMA sederajat (3 tahun terakhir)
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.350.000.
  4. Wajib mengikuti tes tertulis dan wawancara di Universitas Lampung
  5. Mampu berbahasa Lampung secara aktif.

1. Registrasi Akun peserta
Bagi peserta langkah pertama adalah mendaftarkan diri untuk memperoleh akun peserta. Peserta akan diminta untuk mengisi sejumlah data dasar khususnya email dan NISN.

2. Melengkapi Biodata
Peserta akan memperoleh akun sesuai email dan password yang didaftarkan. Peserta dapat login ke aplikasi dengan infirmasi akun yang dimiliki

3. Memilih Jenis Pendaftaran
Peserta diarahkan memilih Jenis Pendaftaran Mandiri Ujian Tulis, Kelas Internasioanl FEB, Kerjasama, PMPAP, Prestasi Khusus, Studi Lanjut.

4. Melakukan Pembayaran
Peserta diminta melakukan pembayaran, khusus jalur PMPAP proses ini diabaikan. Peserta akan mendapatkan PIN dan KAP pada Slip Pembayaran.

5. Menyelesaikan Pendaftaran
Peserta diminta untuk melengkapi dan melakukan finalisasi pendaftaran dengan memilih Program Studi tujuan sesuai kriteria pada pilihan prodi.

6. Submit dan Cetak Kartu
Setelah peserta melakukan finalisasi dengan menekan tombol submit, peserta bisa mencetak kartu peserta. Proses pendaftaran dinyatakan berhasil dan sukses jika peserta berhasil mencetak kartu peserta.

7. Link Pendaftaran
https://mandiri.unila.ac.id

  1. Peserta diangap tidak eligible (terdiskualifikasi) jika :
    • tidak mengikuti Ujian Tulis (UTBK) dan atau Ujian Wawancara jika terdaftar pada jalur yang mengharuskan wawancara.
    • terdaftar sebagai peserta yang lulus selekasi nasional dan sudah melakukan registrasi
  2. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan skor akhir peserta dalam urutan yang menurun, mulai dari peserta dengan skor tertinggi sampai dengan peserta dengan skor terendah.
  3. Alokasi peserta pada program studi pilihannya dilakukan dengan menggunakan ketentuan sebagai berikut:
    • Proses alokasi dilakukan mulai dari peserta dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh peserta pada peringkat berikutnya dan seterusnya.
    • Urutan alokasi dilakukan sesuai dengan urutan program studi yang dipilih dan daya tampung program studi tersebut. Setiap peserta akan dialokasikan pada program studi pilihan pertama. Jika gagal, peserta tersebut akan dialokasikan pada program studi pilihan kedua dan seterusnya (jika peserta mempunyai pilihan lainnya).
    • Pada saat peserta yang akan dialokasikan mempunyai skor yang sama dengan peserta yang mempunyai skor terendah untuk sebuah program studi, namun daya tampung sudah penuh, peserta dengan skor Tes Potensi Skolastik (TPS) yang lebih tinggi akan diprioritaskan. Jika skor masih sama maka secara berurutan Literasi Matematika, Literasi Inggris, Literasi Bahasa Indonesia digunakan sebagai pembanding.

 

Nilai akhir peserta dengan pilihan program studi yang mengikuti program Kelas Kerjasama Pendidikan Bahasa Lampung dihitung dengan menggunakan tahapan sebagai berikut:

  1. Menghitung skor UTBK peserta untuk memperoleh nilai akhir UTBK peserta.
  2. Menghitung skor verifikasi berkas dan wawancara peserta untuk memperoleh nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara peserta.
  3. Menghitung nilai akhir peserta menggunakan pembobotan sebagai berikut: NA = 50% * nilai UTBK + 50% * nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara
  4. Perhitungan skor verifikasi berkas dan wawancara terlampir.
Edit Content

Studi Lanjut 2024

NO.

KEGIATAN

WAKTU

1.

Sosialisasi

1 Mei - 20 Juni 2024

2.

Pendaftaran

10 Juni – 28 Juni 2024

3.

Verifikasi Dokumen

17-19 Juni 2024

4. 

Pengumuman

 

16 Juli 2024*
5.

Masa Sanggah

16 – 20 Juli 2024

6.

Pembayaran UKT dan Proses Registrasi

16 Juli – 12 Agustus 2024
   
   
   

Syarat Akademik :
a. IPK >= 3,00
b. Maksimal 2 tahun dari tanggal lulus D3

Melakukan pendaftaran pada laman yang telah ditentukan
Melakukan pembayaran pada bank yang ditunjuk
Melangkapi biodata dan upload kebutuhan berkas antara lain :
a. Legalisir Ijazah
b. Legalisir transkrip
c. SKCK

Proses verifikasi oleh Universitas Lampung
Pengumuman hasil sesuai jadwal
Proses daftar ulang

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 200.000,-
  • Peserta yang dinyatakan lulus dikenakan kelompok UKT tertinggi pada prodi yang dipilih
  • Seleksi dilakukan dengan melakukan verifikasi dokumen saja

Silahkan kunjungi laman Biro Akademik dan Kemahaiswaan:

Klik : Informasi Studi Lanjut

Link Pendaftaran : Studi Lanjut

Edit Content

Jalur PMPAP

Program perluasan aksesibilitas bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu/miskin tapi berkemampuan secara akademik yang berasal dari sekolah SMA/MA/SMK sederajat di Provinsi Lampung dan berdomisili di Provinsi Lampung.

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia keturunan asing yang dikukuhkan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/ Sederajat tahun 2022, 2023 dan 2024 atau  Lulusan Paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dengan umur maksimal  25 tahun (per 1 Juli 2024).
  3. Memiliki Ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023, dan bagi lulusan tahun 2024 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap.
  4. Berasal dari sekolah SMA/MA/SMK sederajat di Provinsi Lampung.
  5. Berdomisili di Provinsi Lampung.
  6. Berasal dari keluarga TIDAK MAMPU yang dibuktikan sebagai penerima program pemerintah sebagai keluarga kurang mampu dan atau surat pernyataan dari Kepala Desa/ Kepala Kampung/ Kepala Pekon/ Lurah dan surat pernyataan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan
  7. Tidak terdaftar sebagai peserta yang telah dinyatakan lolos pada jalur SNBP dan SNBT 2024.
  8. Hanya berhak memilih 2 Program Studi
  • Setiap siswa  diijinkan  memilih Prodi di lingkungan Universitas Lampung yang dibuka untuk program PMPAP maksimal 2 (dua) program studi baik Sarjana atau diploma kecuali fakultas kedokteran.
  • NO.

    KEGIATAN

    WAKTU

    1.

    Sosialisasi

    1 Mei - 20 Juni 2024

    2.

    Pendaftaran

    10 – 17 Juni 2024

    3.

    Pelaksanaan UTBK, Verifikasi Berkas & Wawancara

    8 - 10  Juli 2024

    4.

    Survey Lapangan (Random Sampling)

    8 – 15 Juli 2024

    5.

    Pengumuman

    16 Juli 2024

    6.

    Masa Unduh Sertifikat UTBK

    16 - 20 Juli 2024

    7.

    Masa Sanggah

    16 – 20 Juli 2024

    8.

    Proses Registrasi

    16 Juli – 12 Agustus 2024

Bagi peserta yang mengikuti seleksi PMPAP diwajibkan untuk membawa berkas sebagai berikut:

  1. Kartu Peserta PMPAP dari aplikasi pendaftaran.
  2. Asli dan Fotokopi ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023 yang telah dilegalisir dan minimal Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap bagi lulusan 2024.
  3. Surat rekomendasi dari keluarga tidak mampu yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Download format
  4. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang ditandatangani oleh Kepala Desa / Lurah.
  5. Asli dan Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kedua Orang tua /Wali.
  6. Asli dan Foto kopi Kartu Keluarga (KK/C1).
  7. Surat Keterangan penghasilan Kedua Orang Tua/wali (yang disahkan Lurah/Kades bagi non pegawai atau Bendaharawan Gaji bagi Pegawai), dengan ketentuan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp. 4.000.000,- per bulan, atau  jika  penghasilan kotor gabungan lebih  dari   Rp. 4.000.000,-  perbulan maka pendapatan  kotor tersebut jika dibagi anggota  keluarga  yang  ditanggung   maksimal Rp. 750.000,- per orang.
  8. Foto kondisi tempat tinggal dengan menyertakan: (a) Foto rumah tampak depan, belakang, samping kanan dan kiri, (b) Foto kamar tidur dan ruang belajar, (c) Foto ruang tamu, ruang keluarga dan dapur, dan (d) Foto keluarga lengkap di depan rumah. Download format
  9. Asli dan Foto kopi struk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir.
  10. Asli dan Foto kopi kartu yang dikeluarkan oleh Pemerintah (Pusat/Daerah) yang menunjukkan yang bersangkutan berasal dari keluarga tidak mampu, misal: Jamkesmas, KIP, PKH. (jika ada).
  11. Seluruh dokumen diatas dimasukkan ke dalam MAP warna Biru ditempel Lembar Verifikasi Berkas sesuai format.

Dibebaskan atas biaya pendaftaran seleksi

1. Registrasi Akun peserta

Bagi peserta langkah pertama adalah mendaftarkan diri untuk memperoleh akun peserta. Peserta akan diminta untuk mengisi sejumlah data dasar khususnya email dan NISN.

2. Melengkapi Biodata

Peserta akan memperoleh akun sesuai email dan password yang didaftarkan. Peserta dapat login ke aplikasi dengan infirmasi akun yang dimiliki

3. Memilih Jenis Pendaftaran

Peserta diarahkan memilih Jenis Pendaftaran Mandiri Ujian Tulis, Kelas Internasioanl FEB, Kerjasama, PMPAP, Prestasi Khusus, Studi Lanjut.

4. Melakukan Pembayaran

Peserta diminta melakukan pembayaran, khusus jalur PMPAP proses ini diabaikan. Peserta akan mendapatkan PIN dan KAP pada Slip Pembayaran.

5. Menyelesaikan Pendaftaran

Peserta diminta untuk melengkapi dan melakukan finalisasi pendaftaran dengan memilih  Program Studi tujuan sesuai kriteria pada pilihan prodi sesuai ketentuan.

6. Submit dan Cetak Kartu

Setelah peserta melakukan finalisasi dengan menekan tombol submit, peserta bisa mencetak kartu peserta. Proses pendaftaran dinyatakan berhasil dan sukses jika peserta berhasil mencetak kartu peserta.

7. Link Pendaftaran

https://mandiri.unila.ac.id

  1. Peserta diangap tidak eligible (terdiskualifikasi) jika :
    • tidak mengikuti Ujian Tulis (UTBK) dan atau Ujian Wawancara jika terdaftar pada jalur yang mengharuskan wawancara.
    • terdaftar sebagai peserta yang lulus selekasi nasional dan sudah melakukan registrasi
  2. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan skor akhir peserta dalam urutan yang menurun, mulai dari peserta dengan skor tertinggi sampai dengan peserta dengan skor terendah.
  3. Alokasi peserta pada program studi pilihannya dilakukan dengan menggunakan ketentuan sebagai berikut:
    • Proses alokasi dilakukan mulai dari peserta dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh peserta pada peringkat berikutnya dan seterusnya.
    • Urutan alokasi dilakukan sesuai dengan urutan program studi yang dipilih dan daya tampung program studi tersebut. Setiap peserta akan dialokasikan pada program studi pilihan pertama. Jika gagal, peserta tersebut akan dialokasikan pada program studi pilihan kedua dan seterusnya (jika peserta mempunyai pilihan lainnya).
    • Pada saat peserta yang akan dialokasikan mempunyai skor yang sama dengan peserta yang mempunyai skor terendah untuk sebuah program studi, namun daya tampung sudah penuh, peserta dengan skor Tes Potensi Skolastik (TPS) yang lebih tinggi akan diprioritaskan. Jika skor masih sama maka secara berurutan Literasi Matematika, Literasi Inggris, Literasi Bahasa Indonesia digunakan sebagai pembanding.

Nilai akhir peserta dengan pilihan program studi yang mengikuti program Afirmasi PMPAP dihitung dengan menggunakan tahapan sebagai berikut:

  1. Menghitung skor UTBK peserta untuk memperoleh nilai akhir UTBK peserta.
  2. Menghitung skor verifikasi berkas dan wawancara peserta untuk memperoleh nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara peserta.
  3. Menghitung nilai akhir peserta menggunakan pembobotan sebagai berikut: NA = 40% * nilai UTBK + 60% * nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara.
Edit Content

Jalur Prestasi Khusus

Jalur penerimaan mahasiswa baru yang memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sederajat atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, seni dan sastra dan keagamaan.

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia keturunan asing yang dikukuhkan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/ Sederajat tahun 2022, 2023 dan 2024 atau  Lulusan Paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dengan umur maksimal  25 tahun (per 1 Juli 2024)
  3. Memiliki Ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023, dan bagi lulusan tahun 2024 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap.
  4. Memiliki prestasi unggul atau juara di bidang akademik/bidang olah raga/bidang seni/bidang kepemimpinan dan/atau bidang keagamaan yang dibuktikan dengan memiliki piagam/sertifikat/medali;
  5. Berhak memilih 4 program studi

A. Bidang Akademik:

  1. Juara 1,2,3 Olimpiade Sains dan IPS/Humaniora SMA sederajat minimal Tingkat Provinsi
  2. Lomba LCT Bidang IPA, IPS dan Olimpiade Sains, Matematika dan Komputer (OSAMAKOM) Tingkat SMA/MA Se-Provinsi Lampung dalam rangka Dies Natalies ke 57 Universitas Lampung tahun 2023.

B. Bidang Olahraga:

  1. Prestasi pada salah satu cabang olahraga (termasuk e-sport) minimal juara 1,2,3 di tingkat provinsi (PraPON, PORPROP), atau tingkat Nasional (O2SN, PON, Kejurnas) atau tingkat Internasional (Sea Games, Asean Games, Olimpiade, dan lain-lain).
  2. Event resmi yang diselenggarakan oleh induk Organisasi olah raga atau KONI (dibuktikan dengan surat rekomendasi).
  3. Diutamakan untuk kejuaraan bidang perorangan.

C. Bidang Seni dan Sastra:

Juara salah satu cabang seni pertunjukan atau sastra minimal juara 1,2,3 tingkat Provinsi, yang   diselenggarakan    oleh    Instansi Pemerintah atau organisasi seni anggota Koalisi Seni Indonesia (KSI).

D. Bidang keagamaan:

  1. Hafiz Qur’an minimal 5 Juz atau Hafidz kitab Alfiyyah ibnu Malik minimal 500 bait serta mampu membaca kitab Fathul Qorib dengan benar, dibuktikan dengan Ijazah Tahfidz/ Surat Keterangan Pimpinan Pesantren.
  2. Juara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) atau Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) minimal juara 1,2,3 tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) yang dibuktikan dengan piagam/sertifikat/surat keputusan yang dilegalisir oleh pihak yang berwenang.
  3. Prestasi minimal juara 1,2,3 tingkat provinsi pada Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional atau Nasional;
  4. Prestasi minimal juara 1,2,3 tingkat provinsi pada Dharma Wacana dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional atau Nasional.

E. Bidang Kepemimpinan

  1. Bidang Paskibra pada tingkat Provinsi atau Nasional.
  2. Bidang pramuka pada tingkat Nasional
  3. Duta: penghargaan sebagai Duta Teknologi, Duta Bahasa/Literasi, Duta Pariwisata, Duta Lingkungan pada tingkat Provinsi atau Nasional.
  4. Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
  5. Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri (minimal 4 bulan)
  • Setiap siswa dari jurusan IPA,  IPS atau Bahasa hanya diijinkan  memilih Prodi di lingkungan Universitas Lampung yang dibuka untuk program Prestasi Khusus maksimal 4 (empat) program studi baik Sarjana (2 masimal) atau diploma
  • Urutan pilihan program studi menunjukkan prioritas.

NO.

KEGIATAN

WAKTU

1.

Sosialisasi

1Mei - 20 Juni 2024

2.

Pendaftaran

10 – 28 Juni 2024

3.

Pelaksanaan UTBK, Verifikasi Berkas & Wawancara

8 - 10  Juli 2024

4.

Survey Lapangan (Random Sampling)

12 – 15 Juli 2024

5.

Pengumuman

16 Juli 2024*

6.

Masa Unduh Sertifikat UTBK

16 - 20 Juli 2024

7.

Masa Sanggah

16 – 20 Juli 2024

8.

Penentuan UKT dan Proses Registrasi

16 Juli – 12 Agustus 2024

  1. Bagi peserta yang mengikuti seleksi Prestasi Khusus diwajibkan untuk membawa berkas sebagai berikut:
  2. Kartu Peserta Jalur Prestasi Khusus dari aplikasi pendaftaran
  3. Asli dan Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kedua Orang tua /Wali.
  4. Asli dan fotokopi ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023 yang telah dilegalisir atau minimal Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap bagi lulusan 2024.
  5. Asli dan Foto copy Piagam/Sertifikat/Surat Keputusan prestasi.
  6. Surat rekomendasi minimal dari KONI Propinsi untuk bidang olahraga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi untuk bidang seni dan sastra, Kwartir Daerah untuk Bidang Pramuka, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi untuk Paskibra, Dinas/Lembaga terkait tingkat Provinsi untuk Duta.
  7. Seluruh dokumen di atas dimasukkan kedalam MAP dengan ketentuan sebagai berikut: warna Kuning untuk kategori Akademik, warna Merah untuk kategori Olahraga, warna Ungu untuk kategori Seni dan Sastra, warna Hijau untuk kategori Keagamaan dan Biru untuk lainnya. Map tersebut di tempel dengan form verifikasi sesuai format terlampir.
  1. Biaya pendaftaran seleksi sebesar Rp 350.000,-
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  3. Biaya seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  4. Biaya sepenuhnya menjadi keuangan negara yang masuk pada DIPA BLU Unila Tahun 2024.

1. Registrasi Akun peserta
Bagi peserta langkah pertama adalah mendaftarkan diri untuk memperoleh akun peserta. Peserta akan diminta untuk mengisi sejumlah data dasar khususnya email dan NISN.

2. Melengkapi Biodata
Peserta akan memperoleh akun sesuai email dan password yang didaftarkan. Peserta dapat login ke aplikasi dengan infirmasi akun yang dimiliki.

3. Memilih Jenis Pendaftaran
Peserta diarahkan memilih Jenis Pendaftaran Mandiri Ujian Tulis, Kelas Internasioanl FEB, Kerjasama, PMPAP, Prestasi Khusus, Studi Lanjut.

4. Melakukan Pembayaran
Peserta diminta melakukan pembayaran, khusus jalur PMPAP proses ini diabaikan. Peserta akan mendapatkan PIN dan KAP pada Slip Pembayaran.

5. Menyelesaikan Pendaftaran
Peserta diminta untuk melengkapi dan melakukan finalisasi pendaftaran dengan memilih Program Studi tujuan sesuai kriteria pada pilihan prodi.

6. Submit dan Cetak Kartu
Setelah peserta melakukan finalisasi dengan menekan tombol submit, peserta bisa mencetak kartu peserta. Proses pendaftaran dinyatakan berhasil dan sukses jika peserta berhasil mencetak kartu peserta.

7. Link Pendaftaran
https://mandiri.unila.ac.id

  1. Peserta diangap tidak eligible (terdiskualifikasi) jika :
    • tidak mengikuti Ujian Tulis (UTBK) dan atau Ujian Wawancara jika terdaftar pada jalur yang mengharuskan wawancara.
    • terdaftar sebagai peserta yang lulus selekasi nasional dan sudah melakukan registrasi
  2. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan skor akhir peserta dalam urutan yang menurun, mulai dari peserta dengan skor tertinggi sampai dengan peserta dengan skor terendah.
  3. Alokasi peserta pada program studi pilihannya dilakukan dengan menggunakan ketentuan sebagai berikut:
    • Proses alokasi dilakukan mulai dari peserta dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh peserta pada peringkat berikutnya dan seterusnya.
    • Urutan alokasi dilakukan sesuai dengan urutan program studi yang dipilih dan daya tampung program studi tersebut. Setiap peserta akan dialokasikan pada program studi pilihan pertama. Jika gagal, peserta tersebut akan dialokasikan pada program studi pilihan kedua dan seterusnya (jika peserta mempunyai pilihan lainnya).
    • Pada saat peserta yang akan dialokasikan mempunyai skor yang sama dengan peserta yang mempunyai skor terendah untuk sebuah program studi, namun daya tampung sudah penuh, peserta dengan skor Tes Potensi Skolastik (TPS) yang lebih tinggi akan diprioritaskan. Jika skor masih sama maka secara berurutan Literasi Matematika, Literasi Inggris, Literasi Bahasa Indonesia digunakan sebagai pembanding.

Nilai akhir peserta dengan pilihan program studi yang mengikuti program Afirmasi Prestasi khusus dihitung dengan menggunakan tahapan sebagai berikut:

  1. Menghitung skor UTBK peserta untuk memperoleh nilai akhir UTBK peserta.
  2. Menghitung skor verifikasi berkas dan wawancara peserta untuk memperoleh nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara peserta.
  3. Menghitung nilai akhir peserta menggunakan pembobotan sebagai berikut: NA = 50% * nilai UTBK + 50% * nilai akhir verifikasi berkas dan wawancara
  4. Perhitungan skor verifikasi berkas dan wawancara pada sistem.
  5. Pendaftar Prestasi khusus memiliki banyak kategori Prestasi, untuk memberikan kesempatan yang lebih beragam maka, pemeringkatan jalur Prestasi Khusus dilakukan dengan mengambil peserta dengan skor nilai terbaik dari masing-masing kategori dengan ketentuan :
    • Prestasi Keagamaan, paling banyak sebesar 50% daya tampung kuota Afirmasi Prestasi Khusus prodi.
    • Prestasi Akademik, paling banyak sebesar 33,34% daya tampung kuota Afirmasi Prestasi Khusus prodi.
    • Prestasi Lainnya, paling banyak sebesar 16,66% daya tampung kuota Afirmasi Prestasi Khusus prodi.
  6. Jika pendaftar dengan ketagori Prestasi tertentu tidak tersedia pada suatu prodi, atau jumlah pendaftar dengan kategori Prestasi lebih banyak dari kuota yang disediakan, maka diprioritaskan kuota Afirmasi Prestasi Khusus prodi tersebut pada pendaftar dengan Prestasi Keagamaan, kemudian Akademik dan lainnya.
Edit Content

Program afirmasi bagi anak kandung dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Lampung
yang memenuhi persyaratan s
ebagaimana pasal 15 ayat 3 Pertor No. 5 Tahun 2023 bahwa kriteria calon mahasiswa baru kuota Afirmasi yang berstatus anak kandung dosen dan/atau tenaga kependidikan Unila sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (2) huruf c dibuktikan dengan:

a.       kartu keluarga;

b.       akta kelahiran;

c.        dokumen perkawinan atau perceraian;

d.       orang tua calon mahasiswa baru telah mengabdi di Unila paling singkat selama 15 (lima belas) tahun; dan

e.        surat keterangan dekan atau pimpinan unit kerja atas status pekerjaan orang tua sebagai dosen atau tenaga kependidikan aktif dan status anak kandung.

Edit Content
NO FAKULTAS KODE NAMA PRODI DAYA TAMPUNG
1 FEB 191041 MANAJEMEN 60
2 FEB 191042 EKONOMI PEMBANGUNAN 41
3 FEB 191043 AKUNTANSI 63
4 FEB 191074 DIGITAL BISNIS 36
5 FEB 191073 D3 AKUNTANSI 30
6 FEB 191070 D3 KEUANGAN DAN PERBANKAN 24
7 FEB 191063 D3 MANAJEMEN PEMASARAN 24
8 FEB 191069 D3 PERPAJAKAN 30
9 FEB 191080 PSDKU D3 KEUANGAN DAN PERBANKAN 30
10 FEB 191079 PSDKU D3 AKUNTANSI 30
11 FH 191038 HUKUM 252
12 FKIP 191015 PEND. MATEMATIKA 23
13 FKIP 191016 PEND. FISIKA 23
14 FKIP 191017 PEND. KIMIA 24
15 FKIP 191018 PEND. BIOLOGI 31
16 FKIP 191034 PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI 15
17 FKIP 191047 PPKN 26
18 FKIP 191048 PEND. SEJARAH 31
19 FKIP 191049 PEND. GEOGRAFI 25
20 FKIP 191050 PEND. EKONOMI 23
21 FKIP 191051 PENDIDIKAN JASMANI 24
22 FKIP 191052 BIMB. KONSELING 29
23 FKIP 191053 PEND. BAHASA INDONESIA 32
24 FKIP 191054 PEND. B. INGGRIS 23
25 FKIP 191055 PGSD 77
26 FKIP 191056 PENDIDIKAN TARI 12
27 FKIP 191057 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 36
28 FKIP 191059 BAHASA PERANCIS 30
29 FKIP 191060 PENDIDIKAN MUSIK 10
30 FKIP 191061 PENDIDIKAN BAHASA LAMPUNG 35
31 FP 191001 AGROTEKNOLOGI 22
32 FP 191002 AGRIBISNIS 18
33 FP 191007 TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN 30
34 FP 191008 PETERNAKAN 21
35 FP 191009 KEHUTANAN 43
36 FP 191010 TEKNIK PERTANIAN 36
37 FP 191021 BUDIDAYA PERAIRAN 20
38 FP 191026 SUMBERDAYA AKUATIK 10
39 FP 191027 ILMU TANAH 26
40 FP 191028 AGRONOMI 25
41 FP 191029 PROTEKSI TANAMAN 15
42 FP 191030 PENYULUHAN PERTANIAN 20
43 FP 191031 ILMU KELAUTAN 20
44 FP 191032 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 24
45 FP 191033 NUTRISI DAN TEKNOLOGI PAKAN TERNAK 15
46 FT 191003 TEKNIK GEOFISIKA 20
47 FT 191004 TEKNIK SIPIL 39
48 FT 191013 TEKNIK MESIN 23
49 FT 191014 TEKNIK ELEKTRO 29
50 FT 191019 TEKNIK KIMIA 19
51 FT 191023 ARSITEKTUR 14
52 FT 191024 TEKNIK GEODESI 14
53 FT 191025 TEKNIK INFORMATIKA 32
54 FT 191037 TEKNIK LINGKUNGAN 19
55 FT 191075 SARJANA TERAPAN REKAYASA OTOMOTIF 9
56 FT 191068 D3 SURVEI DAN PEMETAAN 12
57 FT 191067 D3 TEKNIK MESIN 12
58 FT 191071 D3 TEKNIK SIPIL 12
59   191077 TEKNIK GEOLOGI 5
60 FISIP 191039 SOSIOLOGI 58
61 FISIP 191040 ILMU PEMERINTAHAN 60
62 FISIP 191044 ILMU KOMUNIKASI 60
63 FISIP 191045 ILMU ADM. NEGARA 60
64 FISIP 191046 ILMU ADM. BISNIS 60
65 FISIP 191058 HUBUNGAN INTERNASIONAL 60
66 FISIP 191072 D3 HUBUNGAN MASYARAKAT 15
67 FISIP 191065 D3 PERPUSTAKAAN 12
68 FISIP 191064 D3 ADMINISTRASI PERKANTORAN 15
69 FMIPA 191005 KIMIA 25
70 FMIPA 191006 BIOLOGI 25
71 FMIPA 191011 MATEMATIKA 20
72 FMIPA 191012 FISIKA 13
73 FMIPA 191022 ILMU KOMPUTER 30
74 FMIPA 191036 BIOLOGI TERAPAN 15
75 FMIPA 191066 D3 MANAJEMEN INFORMATIKA 15
76 FMIPA 191076 SISTEM INFORMASI 15
77 FMIPA 191078 ILMU KOMPUTER (PSDKU WAY KANAN) 15
78 FK 191020 PEND. KEDOKTERAN 51
79 FK 191035 FARMASI 33
TOTAL 2410
Scroll to Top