...........2024

Informasi Simanila Gelombang-2

Jalur yang dibuka :

  1. Jalur Mandiri Ujian Tulis
  2. Jalur Studi Lanjut D3 ke S1

Formulir Pengaduan : HELPDESK PENDAFTARAN

Call Center WA : +62 823-1119-2024

NO.

KEGIATAN

WAKTU

1.

Sosialisasi

25 Juli – 4 Agustus 2024

2.

Pendaftaran dan Pembayaran

26 Juli – 3 Agustus 2024

3.

Pelaksanaan UTBK dan Verifikasi Berkas Studi Lanjut

5 Agustus 2024

4.

Pengumuman

6 Agustus 2024 pkl 16.00 WIB

5.

Masa Unduh Sertifikat Nilai UTBK

6 – 10 Agustus 2024

7.

Masa Sanggah

6 – 10 Agustus 2024

8.

Penentuan UKT dan Proses Registrasi

7  – 12 Agustus 2024

KETENTUAN UMUM

Simanila Ujian Tulis merupakan salah satu program Seleksi Mandiri Universitas Lampung (SIMANILA) tahun 2024. Ujian Tulis merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan oleh Universitas Lampung Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan oleh Universitas Lampung. Ujian Tulis tahun 2024 dimaksudkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada lulusan sekolah menengah (SMA, SMK, MA sederajat) untuk mengikuti pendidikan di Universitas Lampung. Secara umum, Ujian Tulis tahun 2024 ini bertujuan untuk memilih/menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki potensi dan kemampuan akademik yang baik untuk mengikuti studi di Unila tahun 2024.

PERSYARATAN

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia keturunan asing yang dikukuhkan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/ Sederajat tahun 2022, 2023 dan 2024 atau Lulusan Paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 September 2024)
  3. Memiliki Ijazah bagi lulusan 2022 dan 2023, dan bagi lulusan tahun 2024 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap.
  4. Biaya Seleksi : Rp. 350.000,-

PILIHAN PRODI

Prodi pilihan khusus pendaftaran Simanila - Ujian Tulis Gelombang 2 hanya dibuka untuk prodi:

  1. S-1 Bahasa Prancis

  2. S-1 Pendidikan Musik

  3. S-1 Fisika

  4. S-1 Ilmu Komputer (PSDKU Way Kanan)

  5. D-3 Akuntansi (PSDKU Way Kanan)

  6. D-3 Perbankan dan Keuangan (PSDKU Lampung Tengah)

  • Setiap siswa diijinkan memilih Prodi di Universitas Lampung maksimal 4 (Empat) program studi baik Sarjana atau diploma
  • Peserta wajib memilih maksimal 2 (dua) program studi Sarjana (S1) dan Maksimal 2 (dua) program studi Vokasi (D3 dan atau D4).
  • Urutan pilihan program studi menunjukkan prioritas.

BIAYA IURAN PENGEMBANGAN INSTITUSI (IPI)

  1. Peserta yang dinyatakan lulus Jalur Mandiri Ujian Tulis, membayar Iuaran Pengembangan Institusi (IPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT), klik link IPI dan UKT untuk melihat besarannya. Atau yang sudah di rangkum pada tabel berikut : 
    ProdiRange UKTRange IPI
    1. S-1 Bahasa Prancis500.000 - 4.650.00019.000.000 - 20.000.000
    2. S-1 Pendidikan Musik500.000 - 5.300.00023.750.000 - 25.000.000
    3. S-1 Fisika500.000 - 7.950.0009.500.000 - 10.000.000
    4. S-1 Ilmu Komputer (PSDKU Way Kanan)500.000 - 7.400.00019.000.000 - 20.000.000
    5. D-3 Akuntansi (PSDKU Way Kanan)500.000 - 5.300.0000
    6. D-3 Perbankan dan Keuangan (PSDKU Lampung Tengah)500.000 - 5.300.0000
  2. Range besaran IPI akan muncul pada aplikasi pendaftaran dan tercetak pada kartu peserta. Penetapan nominal IPI yang dikenakan pada siswa diumumkan bersama dengan penetapan UKT. Nominal IPI dan UKT tidak menjadi faktor penentu kelulusan sesuai dengan ketetapan IPI Unila yang ditetapkan dengan SK Rektor.

PROSEDUR PENDAFTARAN

1. Registrasi Akun peserta
Bagi peserta langkah pertama adalah mendaftarkan diri untuk memperoleh akun peserta. Peserta akan diminta untuk mengisi sejumlah data dasar khususnya email dan NISN.

2. Melengkapi Biodata
Peserta akan memperoleh akun sesuai email dan password yang didaftarkan. Peserta dapat login ke aplikasi dengan infirmasi akun yang dimiliki

3. Memilih Jenis Pendaftaran
Peserta diarahkan memilih Jenis Pendaftaran Mandiri Ujian Tulis, Kelas Internasioanl FEB, Kerjasama, PMPAP, Prestasi Khusus, Studi Lanjut.

4. Melakukan Pembayaran
Peserta diminta melakukan pembayaran, khusus jalur PMPAP proses ini diabaikan. Peserta akan mendapatkan PIN dan KAP pada Slip Pembayaran.

5. Menyelesaikan Pendaftaran
Peserta diminta untuk melengkapi dan melakukan finalisasi pendaftaran dengan memilih  Program Studi tujuan sesuai kriteria pada pilihan prodi.

6. Submit dan Cetak Kartu
Setelah peserta melakukan finalisasi dengan menekan tombol submit, peserta bisa mencetak kartu peserta. Proses pendaftaran dinyatakan berhasil dan sukses jika peserta berhasil mencetak kartu peserta.

7. Link Pendaftaran
https://mandiri.unila.ac.id

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Syarat Akademik :
    a. IPK >= 3,00
    b. Maksimal 2 tahun dari tanggal lulus D3

Melakukan pendaftaran pada laman yang telah ditentukan
Melakukan pembayaran pada bank yang ditunjuk
Melangkapi biodata dan upload kebutuhan berkas antara lain :

1. Akreditasi Program Studi Asal
2. Akreditasi Universitas Asal
3. Ijazah Terakhir
4. Transkrip Terakhir
5. Surat Permohonan Kepada Rektor
6. Surat Keterangan Berkelakuan Baik

Khusus Poin 3 (Ijazah Terakhir) bagi pelamar dengan SKL karena sedang menunggu wisuda, silahkan melengkapi surat pernyataan berikut :  SURAT PERNYATAAN STUDI LANJUT BAGI PESERTA DENGAN SKL dan dijadikan satu dengan SKL untuk diupload pada Ijazah.

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 200.000,-
  • Peserta yang dinyatakan lulus dikenakan kelompok UKT tertinggi pada prodi yang dipilih
  • Seleksi dilakukan dengan melakukan verifikasi dokumen saja

Link Pendaftaran klik : Pendaftaran Studi Lanjut

Seluruh peserta yang telah mendaftar agar mengikuti Kegiatan verifikasi berkas secara langsung yang akan dilaksanakan pada :
Hari : Senin
Tgl : 5 Agustus 2024
Waktu : Pkl. 08.30 WIB
Lokasi : Gedung Rektorat Lt. 4 Universitas Lampung.

Kepada seluruh peserta agar membawa berkas asli dan atau fotokopi legalisir berkas sebagai berikut :
1. Akreditasi Program Studi Asal (Fotokopi legalsir)
2. Akreditasi Universitas Asal (Fotokopi legalsir)
3. Ijazah Terakhir (asli dan Fotokopi legalsir) atau Surat Pernyataan (Asli) dan SKL (asli dan Fotokopi Legalisir)
4. Transkrip Terakhir (asli dan fotokopi legalisir)
5. Surat Permohonan Kepada Rektor (Asli)
6. Surat Keterangan Berkelakuan Baik (Fotokopi legalisir)

Berkas tersebut diatas, dimasukkan dalam Map berwarna Biru.
Peserta diharapkan hadir tepat waktu dan mengikuti rangkaian Kegiatan seleksi.

Scroll to Top