Sarjana


Jalur masuk program Sarjana (S1) pada Universitas Lampung terdiri dari beberapa jalur. Silahkan klik gambar untuk informasi lebih detail


logo unila statuta final (4)Simanila Reguler adalah sistem penerimaan mahasiswa sarjana (S1) Universitas Lampung bagian dari seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN).Kelas reguler yang pada umumnya kelasnya dimulai dari pagi hingga siang atau sore hari.

snmptnSNMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional dengan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. SNMPTN diikuti seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

logo unila statuta final (4)Simanila paralel adalah program perkuliahan ini menggunakan fasilitas dan kurikulum yang sama dengan program sarjana reguler dan hanya dibuka untuk beberapa program studi (jurusan) tertentu di 7 (tujuh) fakultas di Universitas Lampung (Unila). Kelas paralel diselenggarakan mulai dari sore sampai malam hari. Tujuan kelas paralel adalah memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan pada program sarjana.

sbmptnSBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti SBMPTN tanpa dibebani biaya tetapi dibiayai melalui dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

logo unila statuta final (4)Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung yang ditujukan bagi mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera. Mahasiswa baru yang lulus melalui jalur ini akan mengikuti seleksi ketat untuk memastikan jika dia benar-benar berhak untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama delapan semester.