Official SBMPTN 2018


Halaman UtamaInformasi UmumDaftar Program StudiDaftar Program Studi KeterampilanAlur PendaftaranPersyaratan SMTAUTBKTata Cara PembayaranJadwal PentingTata Tertib UjianDownloadPilihan Lokasi UjianHalo SBMPTN

LAMAN RESMI

SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI

TAHUN 2018


PENGUMUMAN

  1. Calon peserta pendaftar Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN baru dapat mendaftar SBMPTN 2018 mulai tanggal 18 April 2018 Pukul 00.01 WIB
  2. Calon peserta pendaftar SBMPTN 2018 yang ingin mengikuti UTBK baru dapat mendaftar SBMPTN 2018 mulai tanggal 18 April 2018 Pukul 00.01 WIB
  3. UTBK menggunakan Android hanya dilaksanakan di Panlok Bandung (Subpanlok Bandung) dengan jumlah sangat terbatas.

PRAKATA


Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Informasi SBMPTN ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2018 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Mengetahui,
Direktorat Jenderal
Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kemenristekdikti,

ttd

Prof. Dr. Intan Ahmad
Direktur Jenderal

Jakarta, 12 Januari 2018
Panitia Pusat SNMPTN 2018
Ketua Umum,

ttd

Prof. Dr. H. Ravik Karsidi, M.S.
Rektor Universitas Sebelas Maret


Latar Belakang


Seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan keuntungan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, keuntungan seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah.

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018. Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.

Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).


Tujuan


Tujuan SBMPTN adalah

  1. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesai­kan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.
  2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ketentuan Umum dan Persyaratan


  1. Ketentuan Umum

SBMPTN 2018 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC atau UTBK, atau kombinasi hasil ujian tulis dan/atau ujian keterampilan.

 

  1. Persyaratan
  1. Pendaftaran
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
    3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah.
    4. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.
  2. Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C, lulus SBMPTN 2018, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


Prosedur Pendaftaran


  1. Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.
  3. Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran onlineUTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Jenis Ujian


  1. Ujian Tulis (UTBC atau UTBK)

Materi Ujian Tulis terdiri atas:

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian tulis dilaksanakan dengan memilih 1 (satu) dari 2 (dua) metode, yaitu :

  1. Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC)
  2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang dipilih salah 1 (satu) dari cara berikut:
    1. UTBK menggunakan desktop (PC) yang disediakan panitia
    2. UTBK menggunakan perangkat bergerak (Tablet atau Telepon Pintar) berbasis Android yang dibawa sendiri oleh peserta. Dengan spesifikasi sebagai berikut :
4.5″ >= Handphone <= 6.9″ Tablet >= 7.0″
OS Android Kitkat OS Android Kitkat
API 19 API 19
RAM 1.5 GB RAM 1 GB
Resolusi 720 x 960 Pixels Resolusi 600 x 800
DPI (Kerapatan) 240 DPI (Kerapatan) 160
Protocol Wireless 802.11n/802.11ac Protocol Wireless 802.11n/802.11ac
Free Memory 200 MB Free Memory 200 MB
Free Internal Storage 200 MB Free Internal Storage 200 MB
Free External Storage 100 MB Free External Storage 100 MB
  1. Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan (UK) diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri atas:

  1. UK Seni Rupa, Kriya, dan Desain berupa Tes Menggambar, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan. Soal tes dibedakan dalam 3 (tiga) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Seni Rupa, UK Kriya, dan UK Desain.
  2. UK Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas, Imitasi Gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
  3. UK Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara). Soal tes dibedakan dalam 2 (dua) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Musik atau UK Seni Karawitan dan Etnomusikologi.
  4. UK Teater dan Seni Pertunjukan berupa Tes Praktik Monolog, Tes Pantomim/Baca Puisi, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara)
  5. UK Fotografi berupa Tes Praktik Fotografi serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
  6. UK Film dan Televisi berupa Tes Praktik Membuat Storyboard serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
  7. UK Olahraga berupa Tes Kesehatan dan Tes Keterampilan Motorik.

Kelompok Ujian


Kelompok ujian tulis SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Setiap peserta dapat memilih kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.


Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan


  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    3. Jika program studi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN mana pun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) atau 3 (tiga) program studi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
  6. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2018, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.

Biaya Seleksi

  1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut: Bank MandiriBNI, atau BTN.
  3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian


  1. Ujian Tulis (UTBC dan UTBK):

UTBC dan UTBK dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Mei 2018.

  1. Ujian Keterampilan :

Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Jumat, tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018.


Pengumuman Hasil Seleksi


Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.


Peserta Pelamar Program Bidikmisi


  1. Pendaftaran Bidikmisi dibuka pada hari Senin, 15 Januari 2018, pukul 15.00 WIB melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2018 dan tidak harus membayar biaya seleksi.
  5. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2018, dapat menggunakan KAP dan PIN (yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2018, tanpa harus membayar biaya seleksi.
  6. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2018 dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2018, maka calon peserta harus memperoleh KAP dan PIN baru melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Selanjutnya, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2018 melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN baru untuk memperoleh slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2018 ke Bank Mandiri, BNI, atau BTN.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pusat


  1. Informasi resmi SBMPTN 2018 dapat diakses melalui laman http://www.sbmptn.ac.id
  2. Informasi resmi dapat diakses melalui http://halo.sbmptn.ac.iddan call center 0804 1 456 456.
  3. Alamat Panitia Pusat SBMPTN 2018:

Gedung dr. Prakosa (Lt.2)

Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret

Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126

Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268

Email: panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id


Lain-lain


Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2018 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id

KODE NAMA DAYA TAMPUNG 2018 PEMINAT 2017 UJIAN KETERAMPILAN
1912011 HUKUM 203 2.350 Detail
1912026 SOSIOLOGI 45 1.033 Detail
1912034 ILMU PEMERINTAHAN 45 1.368 Detail
1912042 MANAJEMEN 45 2.866 Detail
1912057 IESP 36 912 Detail
1912065 AKUNTANSI 45 1.864 Detail
1912073 ILMU KOMUNIKASI 45 1.692 Detail
1912081 ILMU ADM. NEGARA 45 1.368 Detail
1912096 ILMU ADM. NIAGA/BISNIS 45 1.469 Detail
1912107 PPKN 36 662 Detail
1912115 PEND. SEJARAH 36 625 Detail
1912123 PEND. GEOGRAFI 36 559 Detail
1912131 PEND. EKONOMI 36 813 Detail
1912146 PENJASKESREK 36 812 1 Detail
1912154 BIMB. KONSELING 36 950 Detail
1912162 PEND. BAHASA INDONESIA 36 942 Detail
1912177 PEND. B. INGGRIS 36 1.034 Detail
1912185 PGSD 72 1.989 Detail
1912193 PEND. SENI DRAMA,TARI&MUSIK 27 312 3 Detail
1912204 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 36 405 Detail
1912212 HUBUNGAN INTERNASIONAL 45 828 Detail
1912227 BAHASA PERANCIS 27 103 Detail
1912235 PENDIDIKAN MUSIK 14 0 6 Detail
KODE NAMA DAYA TAMPUNG 2018 PEMINAT 2017 UJIAN KETERAMPILAN
1911015 AGROTEKNOLOGI 23 673 Detail
1911023 AGRIBISNIS 45 1.735 Detail
1911031 TEKNIK GEOFISIKA 36 324 Detail
1911046 TEKNIK SIPIL 54 1.257 Detail
1911054 KIMIA 63 347 Detail
1911062 BIOLOGI 63 690 Detail
1911077 TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN 45 726 Detail
1911085 PETERNAKAN 23 626 Detail
1911093 KEHUTANAN 45 638 Detail
1911104 TEKNIK PERTANIAN 45 652 Detail
1911112 MATEMATIKA 63 420 Detail
1911127 FISIKA 63 185 Detail
1911135 TEKNIK MESIN 36 722 Detail
1911143 TEKNIK ELEKTRO 54 634 Detail
1911151 PEND. MATEMATIKA 36 668 Detail
1911166 PEND. FISIKA 36 305 Detail
1911174 PEND. KIMIA 36 348 Detail
1911182 PEND. BIOLOGI 36 882 Detail
1911197 TEKNIK KIMIA 36 358 Detail
1911201 PEND. KEDOKTERAN 68 2.908 Detail
1911216 BUDIDAYA PERAIRAN 23 496 Detail
1911224 ILMU KOMPUTER 45 1.449 Detail
1911232 ARSITEKTUR 18 470 Detail
1911247 TEKNIK GEODESI 18 219 Detail
1911255 TEKNIK INFORMATIKA 18 1.173 Detail
1911263 SUMBERDAYA AKUATIK 23 103 Detail
1911271 ILMU TANAH 23 244 Detail
1911286 AGRONOMI 23 222 Detail
1911294 PROTEKSI TANAMAN 23 145 Detail
1911305 PENYULUHAN PERTANIAN 23 253 Detail
1911313 ILMU KELAUTAN 23 285 Detail
1911321 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 23 448 Detail
1911336 NUTRISI DAN TEKNOLOGI PANGAN TERNAK 23 0 Detail
1911344 PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI 14 0 Detail
KODE NAMA JENIS UK ALAMAT
191 UNIVERSITAS LAMPUNG Pendidikan Jasmani dan Olahraga FKIP Gedung H Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung
191 UNIVERSITAS LAMPUNG Sendratasik Kampus A UNILA, Jl Panglima Polim No 3, Tanjung karang Barat, Bandar Lampung
 

Diagram Alir Pendaftaran KAP dan PIN untuk Calon Peserta Reguler

Diagram Alir Pendaftaran KAP dan PIN untuk Calon Peserta Pendaftar Bidikmisi

Persyaratan Calon Peserta untuk mendaftar SBMPTN 2018

Materi Ujian Tulis terdiri atas:

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian tulis dilaksanakan dengan memilih 1 (satu) dari 2 (dua) metode, yaitu :

  1. Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC)
  2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang dipilih salah 1 (satu) dari cara berikut:
    1. UTBK menggunakan desktop (PC) yang disediakan panitia
    2. UTBK menggunakan perangkat bergerak (Tablet atau Telepon Pintar) berbasis Android yang dibawa sendiri oleh peserta. Dengan spesifikasi sebagai berikut :
4.5″ >= Handphone <= 6.9″ Tablet >= 7.0″
OS Android Kitkat OS Android Kitkat
API 19 API 19
RAM 1.5 GB RAM 1 GB
Resolusi 720 x 960 Pixels Resolusi 600 x 800
DPI (Kerapatan) 240 DPI (Kerapatan) 160
Protocol Wireless 802.11n/802.11ac Protocol Wireless 802.11n/802.11ac
Free Memory 200 MB Free Memory 200 MB
Free Internal Storage 200 MB Free Internal Storage 200 MB
Free External Storage 100 MB Free External Storage 100 MB

Catatan:

Pada tahun 2018, UTBK menggunakan Android hanya dilaksanakan di Panlok Bandung dengan jumlah sangat terbatas

I. Kategori Pendaftar

Kategori

Peserta SNMPTN 2018

Calon Peserta Penerima Bidikmisi

Lulus SNMPTN 2018

Biaya Seleksi SBMPTN 2018

1

Tidak

Ya

Gratis

2*)

Ya

Ya

Tidak

Gratis

3**)

Ya

Ya

Ya

Bayar

4

Ya

Tidak

Ya/Tidak

Bayar

5

Tidak

Tidak

Bayar

Catatan:

*)   Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka yang bersangkutan harus mendaftar di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan pasangan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi Ditjen Pembelajaran dan Kemahasuswaan, Ristekdikti, untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi SBMPTN (gratis).

**)   Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka yang bersangkutan harus mendaftar di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan pasangan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bidikmisi Ditjen Pembelajaran dan Kemahasuswaan, Ristekdikti, tetapi yang bersangkutan diharuskan melakukan pembayaran biaya seleksi SBMPTN (menggunakan Slip Pembayaran yang diperoleh dalam pendaftaran SBMPTN) sebelum dapat mencetak Kartu Tanda Peserta

II. Pilihan Pembayaran Biaya Seleksi

Pembayaran biaya seleksi SBMPTN 2018 sebesar Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) dapat dilakukan melalui salah satu Bank mitra SBMPTN tahun 2018: Bank MandiriBank BNI, atau Bank BTN.

Jadwal Penting SBMPTN 2018


  1. Video Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN dapat diunduh mulai tanggal 29 Maret 2018.
  2. Pendaftaran Online SBMPTN UTBC dibuka mulai tanggal 5 April 2018 sampai dengan tanggal 27 April 2018.
  3. Pendaftaran Online SBMPTN UTBK dibuka mulai tanggal 18 April 2018 sampai dengan tanggal 27 April 2018. 
  4. Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018.
  5. Ujian Keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018.
  6. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id  dan laman mirror di beberapa PTN mulai tanggal 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB.

 

Jadwal Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018


Pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018 dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan jadwal sebagai berikut:

Hari dan
Tanggal
WIB
WITA
WIT
Kegiatan
Saintek
Soshum
Campuran
Selasa,
8 Mei 2018
07.00-07.30
08.00-08.30
09.00-09.30
Peserta masuk ruang ujian, mengisi biodata, pemeriksaan Identitas
07.30-09.15
08.30-10.15
09.30-11.15
Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek)
09.15-09.45
10.15-10.45
11.15-11.45
Istirahat
09.45-10.00
10.45-11.00
11.45-12.00
Peserta masuk ruang ujian & mengisi biodata*)
10.00-11.45
11.00-12.45
12.00-13.45
Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)
11.45-13.00
12.45-14.00
13.45-15.00
Istirahat
13.00-13.15
14.00-14.15
15.00-15.15
Masuk ruang ujian & mengisi biodata*)
13.15-14.30
14.15-15.30
15.15-16.30
Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum)
Catatan *): Verifikasi peserta dilakukan pada setiap sesi ujian dengan tidak mengurangi waktu pelaksanaan ujian (verifikasi peserta dilakukan pada saat ujian berlangsung).

Tata Tertib Peserta SBMPTN 2018 – UTBC


Tata tertib bagi peserta SBMPTN 2018 – UTBC dibagi dalam tiga bagian yaitu: sebelum ujian dimulai, selama ujian berlangsung, dan setelah ujian selesai, dengan rincian sebagai berikut.

  1. Sebelum Ujian dimulai
    1. Peserta ujian harus sudah mengetahui RUANG UJIAN dan LOKASI UJIAN sehari sebelum ujian berlangsung.
    2. Peserta harus membawa:
      1. Kartu Tanda Peserta Ujian.
      2. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi. Lulusan Tahun 2018 sekurang-kurangnya telah membawa Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
      3. Pensil Hitan 2B secukupnya.
      4. Rautan Pensil.
      5. Karet Penghapus yang Bersih dan Lunak.
      6. Ballpoint Hitam.
    3. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alasan apapun lebih dari 30 menit sejak waktu tes dimulai, Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
    4. Peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.
    5. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler,  jam digital dan sebagainya. (barang-barang tersebut harus dimasukkan ke dalam tas dan diletakkan di depan kelas dan dalam kondisi off).
    6. Peserta harus duduk di tempat yang sudah diberi nomor ujian, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain.
    7. Peserta meletakkan Kartu Tanda Peserta Ujian dengan foto menghadap ke atas.
    8. Peserta yang kehilangan Kartu Tanda Peserta Ujian harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian.
  2. Selama Ujian Berlangsung
    1. Peserta tidak dipebolehkan membuka naskah soal ujian (NSU) sebelum diberi tanda oleh Pengawas Ujian.
    2. Setelah tanda ujian dimulai, pertama peserta harus memeriksa lembar naskah ujian dengan seksama untuk melihat kelengkapan lembar NSU. Apabila ditemukan lembar naskah yang tidak lengkap segera minta diganti dengan NSU yang baru.
    3. Peserta harus memeriksa kondisi Lembar Jawaban Ujian (LJU).
    4. Peserta mengisi Lembar Jawaban Ujian dengan pensil 2B.
    5. Selama ujian berlangsung, peserta DILARANG:
      1. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun.
      2. Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain.
      3. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian.
      4. Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/ jawaban peserta lain.
      5. Saling meminjam alat tulis.
      6. Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian.
      7. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
    6. Apabila peserta telah selesai mengerjakan ujian sebelum waktu ujian berakhir, maka peserta harus tetap duduk di tempat sampai waktu ujian berakhir.
  3. Setelah Ujian Selesai
    1. Peserta harus memeriksa NAMA, NOMOR PESERTA, dan TANGGAL LAHIR pada LJU, sudah diisi dan dihitami dengan benar serta sudah ditandatangani.
    2. Peserta tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi.
    3. Peserta baru boleh meninggalkan tempat setelah diberi instruksi oleh Pengawas Ujian.

Setiap pelanggaran terhadap TATA TERTIB ujian masuk, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Tata Tertib Peserta SBMPTN 2018 – UTBK DESKTOP


Tata tertib bagi peserta SBMPTN 2018 – UTBK DESKTOP dibagi dalam tiga bagian yaitu: sebelum ujian dimulai, selama ujian berlangsung, dan setelah ujian selesai, dengan rincian sebagai berikut.

  1. Sebelum Ujian dimulai
    1. Peserta ujian harus sudah mengetahui RUANG UJIAN dan LOKASI UJIAN sehari sebelum ujian berlangsung.
    2. Peserta harus membawa:
      1. Kartu Tanda Peserta Ujian.
      2. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi. Lulusan Tahun 2018 sekurang-kurangnya telah membawa Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
    3. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alasan apapun lebih dari 30 menit sejak waktu tes dimulai, Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
    4. Peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.
    5. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler,  jam digital dan sebagainya. (barang-barang tersebut harus dimasukkan ke dalam tas dan diletakkan di depan kelas dan dalam kondisi off).
    6. Peserta harus duduk di tempat yang sudah diberi nomor ujian, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain.
    7. Peserta meletakkan Kartu Tanda Peserta Ujian dengan foto menghadap ke atas.
    8. Peserta yang kehilangan Kartu Tanda Peserta Ujian harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian.
    9. Melakukan latihan UTBK DESKTOP sesuai dengan waktu yang disediakan untuk meyakinkan bahwa aplikasi sudah bisa digunakan.
  2. Selama Ujian Berlangsung
    1. Membaca dengan seksama petunjuk mengerjakan ujian yang sudah tersedia pada aplikasi ujian.
    2. Memasukkan Nomor Peserta dan PIN setelah memilih pilihan menu MULAI UJIAN. PIN ujian akan diberikan/diinformasikan kepada peserta oleh Pengawas Ujian sesaat sebelum ujian dimulai.
    3. Mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar perangkat dan klik pernyataan SETUJU sebelum memulai ujian.
    4. Mengerjakan soal sesuai dengan lama waktu pengerjaan.
    5. Menjawab butir soal dengan cara memilih/mengklik opsi jawaban menggunakan mouse.
    6. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar. Jawaban peserta otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.
    7. Peserta dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada daftar soal di sisi kiri layar monitor.  Soal-soal yang belum dijawab ditandai dengan bulatan warna merah dan soal-soal yang belum dikerjakan ditandai dengan bulatan warna hijau.
    8. Selama ujian berlangsung, peserta DILARANG:
      1. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun.
      2. Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain.
      3. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian.
      4. Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/ jawaban peserta lain.
      5. Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian.
      6. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
    9. Aplikasi UTBK Desktop akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir dan peserta otomatis dianggap sudah logout.
  3. Setelah Ujian Selesai
    1. Memastikan kembali identitas dan jawaban yang telah diisikan sebelum “klik” tombol selesai ujian
    2. Peserta tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi.
    3. Peserta baru boleh meninggalkan tempat setelah diberi instruksi oleh Pengawas Ujian.

Setiap pelanggaran terhadap TATA TERTIB ujian masuk, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Tata Tertib Peserta SBMPTN 2018 – UTBK ANDROID


Tata tertib bagi peserta SBMPTN 2018 – UTBK ANDROID dibagi dalam tiga bagian yaitu: sebelum ujian dimulai, selama ujian berlangsung, dan setelah ujian selesai, dengan rincian sebagai berikut.

  1. Sebelum Ujian dimulai
    1. Peserta ujian harus sudah mengetahui RUANG UJIAN dan LOKASI UJIAN sehari sebelum ujian berlangsung.
    2. Peserta harus membawa:
      1. Kartu Tanda Peserta Ujian.
      2. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi. Lulusan Tahun 2018 sekurang-kurangnya telah membawa Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan Pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
      3. Membawa perangkat Android yang sudah didaftarkan dan daya cadangan (power bank).
    3. Peserta ujian harus memastikan bahwa SIM-Card sudah dikeluarkan dari perangkat dan Aplikasi UTBK Android (mat-sbmptn.apk) sudah terinstalasi pada perangkat Android yang digunakan.
    4. Peserta ujian pada saat memasuki ruang ujian hanya diperbolehkan membawa 1 (satu) buah perangkat Android yang sudah didaftarkan dan 1 (satu) buah daya cadangan.
    5. Peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alasan apapun lebih dari 30 menit sejak waktu tes dimulai, Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
    6. Peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.
    7. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain, alat komunikasi seperti telepon seluler,  jam digital dan sebagainya. (barang-barang tersebut harus dimasukkan ke dalam tas dan diletakkan di depan kelas dan dalam kondisi off atau disimpan di ruangan tertentu yang sudah ditetapkan oleh Panitia).
    8. Peserta harus duduk di tempat yang sudah diberi nomor ujian, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain.
    9. Peserta meletakkan Kartu Tanda Peserta Ujian dengan foto menghadap ke atas.
    10. Peserta yang kehilangan Kartu Tanda Peserta Ujian harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian.
    11. Mematikan seluruh fitur perangkat yang tidak digunakan untuk Ujian (mobile databluetooth dan wifi tethering), kecuali WIFI.
    12. Peserta ujian memastikan bahwa WIFI perangkat Android sudah terhubung (terkoneksi) ke Access Point UTBK Android yang sudah disiapkan di ruang ujian. Nama Access Point (SSID) dan Password yang digunakan pada pelaksanaan ujian akan diinformasikan oleh Pengawas.
    13. Melakukan latihan UTBK Android sesuai dengan waktu yang disediakan untuk meyakinkan bahwa aplikasi sudah bisa digunakan.
  2. Selama Ujian Berlangsung
    1. Membaca dengan seksama petunjuk mengerjakan ujian yang sudah tersedia pada aplikasi ujian.
    2. Memasukkan Nomor Peserta dan PIN setelah memilih pilihan menu MULAI UJIAN. PIN ujian akan diberikan/diinformasikan kepada peserta oleh Pengawas Ujian sesaat sebelum ujian dimulai.
    3. Mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar perangkat dan klik pernyataan SETUJU sebelum memulai ujian.
    4. Mengerjakan soal sesuai dengan lama waktu pengerjaan.
    5. Menjawab butir soal dengan cara memilih/mengklik opsi jawaban yang tersedia di bagian bawah tampilan perangkat.
    6. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar atau memilih pilihan jawaban yang sama untuk membatalkan jawaban. Jawaban peserta otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.
    7. Peserta dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada menu Daftar Soal yang dapat diakses melalui FAB (Floating Action Button) pada sisi kanan bawah layar tampilan pada saat ujian. Nomor soal yang sudah dijawab ditandai dengan warna hijau dan nomor soal yang belum dikerjakan ditandai dengan warna merah.
    8. Jika peserta mendapatkan masalah dengan perangkat yang digunakan (koneksi terputus, soal tidak tampil, “force close”, atau terkunci), silahkan memberitahukan kepada pengawas untuk dibantu menyelesaikannya.
    9. Selama ujian berlangsung, peserta DILARANG:
      1. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun.
      2. Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain.
      3. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian.
      4. Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/ jawaban peserta lain.
      5. Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian.
      6. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
    10. Aplikasi UTBK Android akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir dan peserta otomatis dianggap sudah logout.
  3. Setelah Ujian Selesai
    1. Memastikan kembali identitas dan jawaban yang telah diisikan sebelum “klik” tombol selesai ujian
    2. Peserta tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi.
    3. Peserta baru boleh meninggalkan tempat setelah diberi instruksi oleh Pengawas Ujian.

Setiap pelanggaran terhadap TATA TERTIB ujian masuk, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Pilihan lokasi ujian dibatasi kuota peserta ujian di setiap Panlok. Jika kuota di Panlok sudah penuh, Peserta harus memilih lokasi ujian yang lain.