Official SBMPTN 2016


LAMAN MIRROR
SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI
SBMPTN TAHUN 2016

Pendaftaran Online SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB, pada laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Khusus bagi peserta Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN 2016, Pendaftaran Online SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 11 Mei 2016 pukul 08.00 WIB, pada laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Tatacara pengisian borang pendaftaran online klik http://download.sbmptn.ac.id.


tautan cepat

Kata PengantarLatar BelakangTujuanKetentuanPendaftaranJenis UjianKelompok UjianProgram StudiBiaya SeleksiJadwalPengumumanPelamar BidikmisiKontak PanitiaLain-Lain

Kata Pengantar


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SBMPTN 2016 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti SBMPTN tanpa dibebani biaya tetapi dibiayai melalui dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Informasi SBMPTN 2016 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN dimuat dalam Panduan SBMPTN yang dapat diakses di laman resmi http://www.sbmptn.ac.id.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SBMPTN 2016.

Latar Belakang


Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan SBMPTN, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan, maka pada tahun 2016 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) melaksanakan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2014, 2015, dan 2016 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk Paket C.

Ujian tertulis yang terdiri dari PBT dan CBT menggunakan soal-soal ujian yang dirancang mengikuti kaidah-kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis (PBT atau CBT), peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Tujuan


Tujuan SBMPTN adalah sebagai berikut:

  1. Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.
  2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ketentuan Umum dan Persyaratan


  1. Ketentuan Umum :
    • SBMPTN 2016 merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
  2. Persyaratan :
    1. Pendaftaran :
      1. Bagi siswa lulusan tahun 2014 dan 2015  harus sudah memiliki ijazah.
      2. Bagi siswa lulusan tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
      3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
    2. Penerimaan :
      • Lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2016, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Pendaftaran


  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id.  mulai tanggal 18 April 2016.
  3. Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

Jenis Ujian


  1. Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
  2. Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
    1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
    2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

 

  1. Ujian Keterampilan
  2. Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.
    1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
    2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
    3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.
    4. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Kelompok Ujian


Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

  1. Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek saja atau kelompok ujian Soshum saja

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan


  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    3. Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
  6. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2016, dan jumlah peminat  program studi per PTN tahun 2016 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 11 April 2016.

Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan


  1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut ini: Bank Mandiri atau Bank BNI.
  3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian


  1. Jadwal  Ujian Tertulis
    • Ujian tertulis baik untuk Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2016
  1. Jadwal Ujian Keterampilan
    • Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2016.

Pengumuman Hasil Seleksi


Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 28 Juni 2016 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Peserta Pelamar Program Bidikmisi


  1. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2016 namun berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2016, maka calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2016 melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP  dan PIN yang diperoleh dari sistem Bidikmisi Kemristekdikti untuk mencetak slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2016 ke Bank Mandiri atau Bank BNI.
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2016, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN 2016 tanpa harus membayar biaya seleksi.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pusat


  1. Informasi resmi mengenai SBMPTN 2016 dapat diakses melalui laman resmi http://www.sbmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter : @SekreSBMPTN, Facebook : www.facebook.com/SekreSBMPTN, Helpdesk : http://halo.sbmptn.ac.id, dan call center 0804 1 456 456.
  3. Alamat Panitia Pusat SBMPTN 2016:
    • Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sayap Utara Lantai 1
    • Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,
    • Telepon (0274) 544049,
    • Faksimile (0274) 520325,
    • E-mail : sekretariatseleksi2016@uny.ac.id

Lain-lain


Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2016 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.


Alur Pendaftaran SBMPTN 2016Persyaratan Calon Peserta untuk mendaftar SBMPTN 2106Tata Cara PendaftaranUjian KeterampilanJadwalTata TertibDAFTAR PANLOK PBTDAFTAR PANLOK PENYELENGGARA CBT


  1. Untuk peserta reguler (non-bidikmisi) dapat dilihat di sini
  2. Untuk peserta Bidikmisi gratis dapat dilihat di sini
  3. Untuk peserta Bidikmisi bayar dapat dilihat di sini


Keterangan :

  • DN = Dalam Negeri
  • LN = Luar Negeri
Ujian keterampilan adalah ujian khusus bagi peserta yang mendaftar ke program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan yang dilaksanakan setelah Ujian Tertulis SBMPTN 2016. Kemampuan atau keterampilan dalam bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan tidak dapat diukur hanya dengan Ujian Tertulis dan/atau rekaman historis nilai rapor mata pelajaran. Pada SBMPTN 2016, potensi belajar bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan dinilai melalui Ujian Tertulis yang dikombinasikan dengan Ujian Keterampilan sebagai materi penilaian.


Ketentuan Khusus
  1. Perguruan Tinggi Penyelenggara Ujian Keterampilan
  2. Perguruan Tinggi penyelengara Ujian Keterampilan adalah PTN yang memiliki Program Studi S1 sebagai berikut:
    1. Bidang Seni
      1. Seni Rupa: Pendidikan Senirupa, Senirupa/Senirupa Murni, Desain (Desain Produk, Desain Komunikasi Visual/Desain Grafis, dan Desain Interior), Media Rekam (Fotografi, Televisi dan Film, serta Animasi/Media digital), Kria Seni (Pendidikan Kria, Kria Kulit, Kria Logam, Kria Tekstil, Kria Kayu, dan Kria Perhiasan).
      2. Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik): Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Seni Musik, dan Pendidikan Seni Tari.
    2. Bidang Keolahragaan
      1. Ilmu Keolahragaan
      2. Pendidikan Olahraga, terdiri atas:
        1. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)
        2. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK)
        3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pendidikan Jasmani S-1)
      3. Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)
  3. Nama program studi dalam bidang Seni dan Keolahragaan didasarkan pada Keputusan Dirjen Dikti 163/DIKTI/KEP/2007 tentang kodifikasi dan penamaan program studi. Daftar Perguruan Tinggi dan Program Studi penyelenggara pendidikan bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan yang melaksanakan seleksi SBMPTN 2016 dapat dilihat secara lengkap di Laman http://www.sbmptn.ac.id
  4. Jenis Ujian Keterampilan
    1. Bidang Seni:
    2. Tes keterampilan mencakup bidang berikut:
      1. Senirupa berupa Tes Menggambar (Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni.
      2. Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Improvisasi dan Imitasi Gerak serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni.
      3. Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni.
      4. Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni.
    3. Bidang Keolahragaan:
      1. Pemeriksaan Kesehatan: Pengukuran Antropometri (Tinggi Badan Berdiri, Tinggi Badan Duduk, Berat Badan, Indeks Massa Tubuh/BMI), Pemeriksaan Postur dan Anggota Gerak (tangan dan kaki), Pemeriksaan Jantung (menggunakan pemeriksaan Tekanan Darah, Denyut Nadi Istirahat, serta pemeriksaan Fisik Dinding Dada), Pemeriksaan Fungsi Pernafasan, dan Pemeriksaan Indera (Mata, dan Telinga dan Verbal).
      2. Tes Keterampilan Motorik: Vertical jump 1 menit, Sit-Up 1 menit, Push-Up 1 menit, Tes kelincahan (Illinois Agility Run Test), koordinasi mata tangan 30 detik, dan lari 1.600 meter.
      3. Pemeriksaan Kesehatan: dilaksanakan oleh tenaga kesehatan di tempat layanan Kesehatan Resmi se-Indonesia, sejak 2 hari sebelum (H-2) sampai dengan hari pelaksanaan ujian ketrampilan, menggunakan formulir yang dapat diunduh pada alamat http://download.sbmptn.ac.id/media/formK.pdf. Hasil pemeriksaan kesehatan wajib ditanda tangani oleh tenaga kesehatan dan dibubuhi stempel Layanan Kesehatan Resmi. Peserta wajib membawa hasil pemeriksaan kesehatan pada hari pelaksanaan ujian ketrampilan dan menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada Panitia Pelaksana Ujian Ketrampilan
Panduan
  1. Peserta melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan di Fakultas/Program Studi PTN Pelaksana Ujian Keterampilan dengan membawa dan menunjukkan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Ujian SBMPTN 2016.
  2. Peserta mengikuti Ujian Keterampilan sesuai dengan Program Studi yang dipilihnya, menurut jadwal waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana UK SBMPTN 2016 dimana peserta melakukan pendaftaran ulang.
  3. Peserta mempersiapkan perlengkapan Ujian Keterampilan sesuai dengan Program studi yang dipilih:
    1. Bidang Ilmu Keolahragaan, peserta wajib membawa Pakaian Olahraga lengkap (termasuk sepatu).
    2. Bidang Seni Rupa (termasuk Desain, Kriya, dan Program Kependidikan Senirupa), peserta wajib membawa: Pensil (ukuran 2B/3B/4B/5B/6B), karet penghapus dan alas gambar ukuran A3.Kertas gambar disediakan oleh panitia ujian.
    3. Bidang Sendratasik (Drama), peserta wajib membawa: perlengkapan seni peran.
    4. Bidang Sendratasik (Tari), peserta wajib membawa:
      1. rekaman iringan tari yang akan digunakan sesuai pilihan dalam bentuk CD/kaset/flashdisk; DAN
      2. pakaian latihan/praktek menari.
    5. Bidang Sendratasik (Musik), peserta wajib membawa: peralatan musik sesuai dengan pilihannya,terkecuali alat musik piano atau drum.
  4. Peserta wajib mengikuti seluruh jenis ujian sesuai pilihan program studinya.
Jadwal Penting SBMPTN 2016
  1. Video Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN dapat diunduh mulai tanggal 18 April 2016 pukul 08.00 WIB
  2. Pendaftaran Online SBMPTN (PBT dan CBT) dibuka mulai tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 20 Mei pukul 22.00 WIB.
  3. Ujian tertulis (PBT dan CBT) dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016.
  4. Ujian Keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2016 dan/atau 2 Juni 2016.
  5. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman sbmptn.ac.id mulai tanggal 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB.
Jadwal Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2016

Peserta Ujian PBT

A. SEBELUM UJIAN DIMULAI

  1. Peserta ujian harus sudah mengetahui RUANG UJIAN dan LOKASI UJIAN sehari sebelum ujian berlangsung.
  2. Peserta harus membawa :
    • KARTU TANDA PESERTA UJIAN
    • FOTOCOPY IJAZAH SMA/SMK/MA ATAU YANG SEDERAJAT DAN SUDAH DILEGALISASI. LULUSAN TAHUN 2016 SEKURANG-KURANGNYA TELAH MEMBAWA SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) DARI KEPALA SEKOLAH YANG DILENGKAPI DENGAN PASFOTO BERWARNA TERBARU YANG BERSANGKUTAN DAN DIBUBUHI CAP SEKOLAH
    • PENSIL HITAM 2B SECUKUPNYA
    • RAUTAN PENSIL
    • KARET PENGHAPUS YANG BERSIH DAN LUNAK
    • BALLPOINT HITAM
  3. Peserta harus datang ke LOKASI UJIAN paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai.
  4. Peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.
  5. Peserta harus duduk di tempat yang sudah diberi nomor ujian, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain.
  6. Peserta meletakkan KARTU TANDA PESERTA UJIAN dengan foto menghadap ke atas.
  7. Peserta tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain pada waktu me masuki ruang ujian.
  8. Peserta yang kehilangan KARTU TANDA PESERTA UJIAN harus segera melaporkan diri kepada Pengawas Ujian.

 

B. SELAMA UJIAN BERLANGSUNG

  1. Peserta tidak dipebolehkan membuka naskah soal ujian (NSU) sebelum diberi tanda oleh Pengawas Ujian.
  2. Setelah tanda ujian dimulai, pertama peserta harus memeriksa lembar naskah ujian dengan seksama untuk melihat kelengkapan lembar NSU. Apabila ditemukan lembar naskah yang tidak lengkap segera minta diganti dengan NSU yang baru.
  3. Peserta harus memeriksa kondisi Lembar Jawaban Ujian (LJU).
  4. Peserta mengisi Lembar Jawaban Ujian dengan pensil 2B
  5. Selama ujian berlangsung peserta tidak diperbolehkan meninggalkan ruang ujian, kecuali seizin pengawas ujian.
  6. Apabila peserta telah selesai mengerjakan ujian sebelum waktu ujian berakhir, maka peserta harus tetap duduk di tempat sampai waktu ujian berakhir.
  7. Peserta tidak diperbolehkan saling meminjam alat tulis, berbicara,menggunakan catatan, serta melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.

 

C. SETELAH UJIAN SELESAI

  1. Peserta harus memeriksa NAMA, NOMOR PESERTA, dan TANGGAL LAHIR pada LJU, sudah diisi dan dihitami dengan benar serta sudah ditandatangani.
  2. Peserta tidak diperbolehkan meneruskan pekerjaan serta tetap duduk di tempat pada saat bel tanda waktu ujian berakhir berbunyi.
  3. Peserta baru boleh meninggalkan tempat setelah diberi tanda oleh Pengawas Ujian.

 

D. SANKSI

Setiap pelanggaran terhadap TATA TERTIB ujian masuk, akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Peserta Ujian CBT

A. SEBELUM CBT BERLANGSUNG

  1. Membawa alat tulis, ijazah, kartu identitas dan kartu tanda peserta ujian.
  2. Memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum CBT dimulai.;
  3. Bagi yang terlambat hadir hanya diperbolehkan mengikuti CBT setelah mendapat izin dari penanggung jawab TC.
  4. Dilarang membawa alat komunikasi elektronik, jam tangan dan kalkulator ke Ruang CBT.
  5. Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di tempat yang telah ditentukan.
  6. Mengisi daftar hadir dengan menggunakan alat tulis yang disediakan.
  7. Melakukan latihan CBT sesuai dengan waktu yang disediakan untuk meyakinkan bahwa aplikasi sudah bisa digunakan.

 

B. SAAT MENGERJAKAN CBT

  1. Peserta mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar monitor.
  2. Peserta memasukkan username dan password yang telah disediakan.
  3. Mulai mengerjakan soal setelah memasukkan username dan password.
  4. Menjawab butir soal dengan cara memilih/mengklik option jawaban menggunakan mouse.
  5. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih/mengklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar. Jawaban peserta otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.
  6. Peserta dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada daftar soal di sisi kiri layar monitor.  Soal-soal yang belum dijawab ditandai dengan bulatan warna merah dan soal-soal yang belum dikerjakan ditandai dengan bulatan warna hijau.
  7. Selama CBT berlangsung, peserta dilarang:
    1. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun.
    2. Bekerjasama dengan peserta lain.
    3. Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian.
    4. Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain.
    5. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
  8. Aplikasi CBT akan berhenti secara otomatis ketika waktu tes berakhir dan peserta otomatis dianggap sudah logout.

 

C. SESUDAH MENGERJAKAN CBT

 

  1. Peserta CBT meninggalkan ruangan pada waktu yang bersamaan mengikuti instruksi panitia.
  2. Peserta CBT hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawalan dari pengawas ruang CBT.
  3. Peserta yang meninggalkan ruangan setelah memasukkan username dan password dan karena satu dan lain hal tidak kembali lagi sampai waktu tes berakhir, dinyatakan telah selesai menempuh ujian CBT.
  4. Peserta CBT yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu& ujian selesai, tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan.

sumber : https://sbmptn.ac.id